Selasa, 27 September 2016

Kepuasaan Belajar

Sumber: Koran Kompas. Kamis, 15 September 2016
           
            Fenomena jenuh dalam proses belajar-mengajar telah menjadi gejala umum di kalangan pelajar khususnya di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Paling tidak, itulah yang terungkap saat Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berdialog dengan pelajar di SMA Negeri 1 Campaka Purwakarta, Rabu (14/9). “Bosen Pak, terlalu banyak teori,” kata salah satu murid, Mawar (17). Pernyataan itu dibenarkan sejumlah temannya.

            Mereka jenuh karena pada hari Senin sampai Jumat harus mengikuti 18 mata pelajaran yang diajarkan sesuai dengan kurikulum. Dalam kaitan itu, Erna Irnawati, Koordinator USAID Prioritas Jawa Barat, menengarai tidak sedikit guru kesulitan menyampaikan materi kepada peserta didik secara aktif, efektif dan menyenangkan. Bahkan tidak sedikit guru hanya menyampaikan materi dengan ala kadarnya dan belum berpusat pada siswa. “Untuk itu, para calon guru harus disiapkan sebaik mungkin agar nanti tidak hanya sekedar menjalankan kewajiban mengajar, tetapi juga mampu mengelaborasi kemampuan anak,” ujar Erna saat pelatihan dosen , guru pamong dan mahasiswa calon guru di Bandung, pekan lalu.   

37 komentar:

  1. Seorang guru juga harus memiliki strategi pembelajaran trsendiri dalam kegiatan bljr mengajar supaya siswa tidak bosan,sehingga dampak positif nya dapat menumbuhkan rasa cinta belajar bg siswa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. tidak hanya strategi pembelajaran saja yang guru miliki agar siswa tidak jenuh dalam proses belajar mengajar, tetapi guru juga harus bisa memahami perubahan perilaku siswanya dalam belajar mengajar, seperti contoh dalam beberapa tes, siswa cenderung mengalami penurunan nilai belajarnya, guru juga harus memahami mengapa ini bisa terjadi.

      Hapus
  2. jadi bagaimana cara/strategi guru untuk menumbuhkan semangat siswa agar terus semangat memperhatikan pelajaran,apalagi di saat jam-jam terakhir pelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut saya, cara efektif agar siswa tidak mengalami kejenuhan belajar terlebih di saat jam-jam terakhir bisa dengan cara siswa diajak melakukan proses belajar di luar ruangan atau outdor, selain bisa melihat pemandangan yang lain dan tidak jenuh, itu bisa membuat pikiran menjadi segar dan fresh lagi, seorang guru juga bisa menambahkan materi-materi yang mengibur yang tidak melulu harus sama dengan topik yang dipelajari. sebisa mungkin seorang guru harus bisa membuat siswanya nyaman dalam belajar mengajar

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. seorang guru seharusnya memberi jeda belajar agar suasana didalam kelas tidak membosankan dan tidak belajar sepenuhnya, guru memberikan materi, tetapi seorang guru juga bisa membuat kuis permaianan seputar materi pelajaran itu? agar suasana didalam kelas tidak terasa membosankan karena jika didalam kelas guru memberikan materi secara penuh maka akan terasa membosankan didalam ruangan itu dan mengakibatkan siswa ngantuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan komentar anda, memang saat ini masih banyak guru yang belum memperhatikan tentang jeda belajar ini, karena faktor inilah yang juga bisa mempengaruhi nilai belajar siswa turun dan malah tidak fokus kepada materi bahkan siswa merasa capek. padahal menurut survei, belajar yang efektif itu adalah belajar dengan waktu 30 menit lalu beristirahat kurang lebih 5-10 menit, ini bisa memperkuat daya ingat dan membuat siswa berkonsentrasi lagi terhadap apa yang dipelajari

      Hapus
  5. Terimakasih, Saya mau bertanya. Apakah pemerintah ikut serta dalam mengatasi "kejenuhan belajar siswa". jika ya berikan contohnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada dasarnya pemerintah secara tidak langsung sudah mengantisipasi proses kejenuhan belajar siswa dikalangan pelajar. salah satu contohnya adalah dengan kegiatan ekstrakulikuler, selain siswa bisa menyalurkan bakat & minatnya baik itu di bidang seni, musik ataupun olahraga siswa bisa menghilangkan kejenuhan dengan kegiatan yang mereka sukai. bisa juga pemerintah mengadakan Study Tour bagi sekolah, selain sebagai kegiatan refresi ataupun berlibur, siswa juga bisa menambah wawasan pengetahuan mereka dengan mengunjungi tempat bersejarah seperti museum, instansi pemerintah maupun tempat-tempat temapat lainnya yang bisa menambah pengetahuan lainnya :)

      Hapus
  6. saya sangat setuju dengan isi tulisan anda " Untuk itu, para calon guru harus disiapkan sebaik mungkin agar nanti tidak hanya sekedar menjalankan kewajiban mengajar, tetapi juga mampu mengelaborasi kemampuan anak". samgat benar, kita sebagai calon guru harus benar-benar menjadi tenaga pendidik yang plus tidak hanya mentransfer ilmu namun memberikan inovasi terhadap pembelajaran supaya ada ketertarikan dari siswa sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maka dari itu guru tidak hanya mengandalkan skill atau pengetahuan saja dalam prose belajar mengajar agar murid tidak jenuh, tapi guru juga harus mempunyai kemampuan kepribadian yang baik dan memiliki jiwa sosial juga terhadap murid-muridnya

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Bagus. yang saya tanyakan adalah bagaimana cara mengatasi murid agar tidak jenuh ketika sedang belajar di ruang kelas ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk mengatasi kejenuhan belajar sekarang ini, seperti contoh kasus di atas yang terjadi di Purwakarta, saya mendapat informasi bahwa Bupati Dedi Mulyadi sekarang di sekolah-sekolah SMA adanya hari bebas, artinya bahwa ada satu hari dimana para siswanya memakai seragam bebas, hal ini bertujuan agar para siswa bisa mengekspresikan dirinya sendiri dan menumbuhkan semangat belajar, bukan berarti hari bebas ini adalah tidak sekolah. ada lagi cara agar murid tidak jenuh ketika belajar adalah dengan cara guru tidak boleh memberikan PR bagi siswanya, walaupun ini mengundang pro dan kontra, tapi menurut saya bisa efektif untuk mengobati kejenuhan belajar siswa. ini juga susdah mulai diterapkan di Purwakarta. dan kalau saya sendiri cara untuk mengatasi kejenuhan adalah dengan mengadakan simulasi-simulasi belajar yang bisa membangkitkan semangat siswa seperti game kecil-kecilan,bisa bernyanyi dan lain sebagainya. bisa juga siswa diajak untuk belajar-mengajar di ruangan terbuka atau outdur agar tidak mudah bosan dalam suasana belajar.

      Hapus
  9. seorang guru harus bisa mengatasi permasalahan pada siswanya agar kembali semangat untuk belajar, mungkin sebelum dimulainya proses pembelajaran seorang guru harus mempunyai strategi yang akan di terapkan kepada para murid supaya para murid tidak bosan saat berlangsungnya pembelajaran

    BalasHapus
  10. saya ingin bertanya
    apakah lingkungan berpengaruh terhadap kejenuhan belajar siswa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lingkungan sangat berpengaruh bagi kejenuhan belajar siswa itu sendiri. baik dari lingkungan internal seperti keluarga maupun lingkungan eksternal seperti lingkup masyarakat dan lingkungan tempat bermain atau teman bermain juga berpengaruh terhadap kejenuhan siswa

      Hapus
  11. Artikel yang ditampilkan seharusnya merupakan jawaban dari daftar pertanyaan.

    BalasHapus
  12. saya setuju dengan anda karena siswa yang jenuh tidak akan menyerap materi yang diberikan oleh guru maka dari itu guru harus punya strategi untuk mengatasi kejenuhan siswa.

    apakah kejenuhan siswa berpengaruh pada emosionalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya, kejenuhan siswa berpengaruh terhadap emosional siswanya itu tergantung dari kepribadian siswanya masing-masing. apabila seseorang memiliki tingkat emosi & tersinggung yang tinggi biasanya siswa akan mudah terpancing emosinya yang bisa berakibat pada siswanya yang malas mengikuti mata pelajaran, bisa siswanya mengeluarkan kata-kata yang tidak perlu bahkan bisa membuat siswa bolos sekolah kelak. tapi jika siswa mempunyai tingkat emosi yang renda dan bisa mengontrol emosinya tidak akan seperti itu walaupun siswa tersebut jenuh dalam proses belajar mengajar.

      Hapus
  13. saya mau bertanya, dalam masalah kejenuhan belajar ini apakah ada pihak yang seharusnya disalahkan? dan kenapa? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara umum, orang melihat bahwa guru lah adalah orang yang paling disalahkan dalam masalah kejenuhan belajar mengajar ini, tetapi kita juga harus bisa melihat dari pihak siswanya mengapa bisa mengalami kejenuhan. apakah bisa berhubungan dengan masalah pribadi seperti masalah dengan keluarga, teman terdekatnya atau masalah lainnya.sebenarnya tidak ada pihak yang harus disalahkan karena kejenuhan adalah proses alami seseorang dalam setiap kehidupannya, toh tidak hanya siswanya saja yang mengalami kejenuhan, ada seorang guru pasti juga mengalami proses kejenuhan.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. apakah Hanya Faktor cara Mengajar Guru saja yang mengakibatkan kejenuhan? apa tidak dari faktor siswa juga, misal siswa malas. mohon pencerahannya. thanks mak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas pertanyaannya, memang guru memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar, tetapi juga tidak boleh dilupakan bahwa siswanya dalam hal ini masalah pribadi seseorang bisa mempengaruhi proses belajar mengajar, seperti contoh mungkin siswa tersebut minim piknik atau kurang liburan jadi bisa mempengaruhi siswanya karena kuran fresh, atau masalah dengan keluarga, teman maupun pacar juga bisa mempengaruhi kejenuhan dalam siswa.

      Hapus
  17. teori di atas menjelaskan bahwa siswa memperoleh pembelajaan yang kurang memuaskan.
    apakah guru sudah menganalisa keluhan pada tiap-tiap siswa?
    semestinya guru mempertimbangkan terhadap keluhan siswanya tersebut, dengan demikian barulah guru memperembukan anatar dewan guru untuk menindak lanjuti permasalah tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dijelaskan di atas bahwa selain guru mempunyai keterampilan mengajar atau skill pengetahuan. guru juga harus mempunyai kepribadian yang baik dan juga harus memiliki juga sosial kepada siswanya. ini berguna bagi guru agar guru mengerti dan memahami apa kendala atau keluhan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar.

      Hapus
  18. saya hanya mau menambahkan pertanyaan dari fais, Kata fais apa karena cuma faktor cara mengajar guru saja ? trus faktor dari siswanya ada tidak ? Dan faktor mana yang paling berpengaruh terhadap kepuasan belajar ? jelaskan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa ada faktor dari guru bisa membuat siswanya mengalami kejenuhan belajar, juga bisa dari siswanya sendiri faktor yang membuat proses belajar mengajar yang sebenarnya baik dan menyenangkan menjadi jenuh oleh siswa itu sendiri. intinya bahwa keduanya berpengaruh terhadap proses belajar mengajar baik dari guru maupun pihak siswa.

      Hapus
  19. Topik yang anda angkat kan mengenai kepuasan belajar siswa. Dalam hal ini kepuasan belajar siswa semakin menurun. Lalu bagaimana caranya supaya kepuasan belajar siswa itu maksimal ? Khususnya pihak sekolah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya sebagian kecil saja yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah untuk berinovasi dalam hal agar kepuasan belajar siswa bisa maksimal. saya lebih menyoroti dari pihak pemerintahnya yang bisa melakukan agar kepuasaan belajar mengajar bagi siswa maupun guru bisa maksimal, kebanyakan sekolah-sekolah negeri yang dikelola pemerintah siswanya mengalami kejenuhan belajar mengajar dibandingkan dengan sekolah-sekolah swasta, walaupun ada tapi sedikit. di sini pihak pemerintah seharusnya bisa menerapkan kebijakan-kebijakan yang mungkin bisa membuat siswa menikmati proses belajar mengajar. mungkin bisa mengurangi mata pelajaran yang begitu banyak dan bisa menambah kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler untuk menyalurkan bakat siswa. pemerintah juga bisa membuat hari free bagi siswanya dalam arti ada satu hari dimana siswanya masuk sekolah tapi bebas melakukan kegiatan yang positif. sekarang ini justru pemerintah menerapkan sistem full day school yang juga diikuti sekolah swasta, mungkin baik bagi orang tua agar siswanya yang ditinggal bekerja orang tuanya tidak berkeliaran saat jam bekerja, tapi di sini juga bisa membuat siswanya malah jenuh dalam bekerja dari pagi sampai sore, alangkah lebih baiknya pemerintah memberikan kegiatan-kegiatan yang positif saat jam sekolah tidak hanya materi dalam belajar mengajar saja.

      Hapus
  20. kejenuhankan bisa berlangsung singkat(sekalai atau dua kali) dan juga bisa berlangsung lama(berkalai-kali). kalaupun kejenuhan berlangsung dengan singkat mungkin mengatasisnya cukup mudah sedangkan yang kejenuhannya berlangsung lama mungkin sulit. lalu bagaimana cara untuk mengatasi siswa yang mengalami kejenuhan yang berlangsung lama(berkali-kali) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kejenuhan lama memang bisa berhubungan dengan kepribadian seseorang yang mudah jenuh. kalau memang tidak bisa diatasi bisa menjadi kepribadian yang melekat, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kejenuhan, bisa menjalin hubungan dengan teman yang tidak hanya teman itu-itu saja, berolahraga seperti jalan kaki, lari atau melakukan olahraga yang disukai, lakukan kegiatan yang disukai juga bisa mengatasi kejenuhan, berpikr positif dan menghindari hal-hal yang negatif, dan juga melakukan meditasi agar membuat pikiran tenang. itu adalah beberapa cara yang bisa untuk mengatasi rasa jenuh dan masih banyak cara lagi.

      Hapus
  21. apa yang dapat dilakukan seorang guru agar muridnya merasa senang dengan pelajaran tersebut / tetap semangat belajar?

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas pertanyaannya, andaikan kita sebagai guru sudah melakukan inovasi-inovasi seperti komentar diatas untuk membuat siswanya menyukai dan senang dengan pelajaran, tapi akhirnya memang muridnya tidak suka dengan mata pelajaran dari awal apa yang harus kita lakukakan? itu tantangan kita sebagai guru yang akan datang, paling tidak guru bisa membuat siswanya memahami materi diberikan dan berguna kelak walaupun siswanya tidak suka. kalau cara agar siswanya senang denga pelajaran bisa dengan bernyanyi di saat pelajaran, bisa juga diselingi dengan kuis dan guru memberikan hadiah bagi siswanya yang bisa menjawab pertnyaan.

      Hapus